Cara Mengetahui Nomor (VA) Virtual Account BPJS Kesehatan Yang Lupa

Baca Juga Artikel Menarik Lainya

Cara membayar tagihan bpjs kesehatan itu sangat mudah dan gampang kok, karena saat ini telah banyak layanan yang bisa kamu gunakan untuk bayar bpjs seperti melalui Teller Bank, Kantor Pos, Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking, ATM dan masih banyak lagi. Saat membayar bpjs iuran kesehatan diperlukan Nomor BPJS Kesehatan atau Nomor Virtual Account bpjs. Tapi, bagaimana jika nomor virtual account bpjs lupa atau kartu tidak dibawa.

Cara-Mengetahui-Nomor-VA-Virtual-Account-BPJS-Kesehatan-Yang-Lupa

Tampa sengaja mungkin suatu hari kamu mengalami masalah seperti ini yaitu lupa nomor virtual account bpjs ketika ingin melakukan pembayaran. Nah untuk mengatasi masalah ini admin akan membantu kamu dengan penjelasan untuk mengetahui nomor virtual account bpjs yang lupa.

Baca Juga: Cara Mengecek Iuran Bpjs yang telah dibayar

Apa Itu BPJS 

Mungkin masih ada yang belum tahu apa itu bpjs atau pengertian bpjs. BPJS adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS merupakan salah satu program jaminan kesehatan yang dijalankan oleh pemerintah sebagai solusi atau alternatif asuransi ksehetan untuk masyarakat Indonesia.BPJS terbagi dua jenis yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagarkerjaan. 

Cara Daftar BPJS Kesehatan

Cara daftar BPJS Kesehatan bisa secara online maupun Offline. Meskipun kamu memih salah satu dari dua cara pendaftaran bpjs kesehatan, yang pastinya syarat dan ketentuan harus kamu lengkapi dan ikuti prosedur pendaftaran bpjs.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Lansung Datang Kekantor BPJS (Offline)

Jika kamu belum tahu cara daftar bpjs kesehatan secara online kamu bisa datang lansung kekantor bpjs dengan membawa perlengkapan dokumen sebagai syarat utama agar permintaan kamu untuk mendaftarn menjadi peserta bpjs diproses. Adapun syarat -syarat untuk daftar bpjs kesehatan antara lain yaitu:

  • Membawa KK(Kartu keluarga Asli) dan Foto Copy KK
  • Membawa KTP(Kartu Penduduk Asli) dan Foto Copy KTP
  • Foto terbaru ukuran 3x4 (sebaiknya sediakan 3 lembar)
  • Kemudian pilih atau tentukan kelas bpjs yang ingin kamu aktifkan
Setelah datang dikantor bpjs dengan membawa persyaratan atau dokumen, selanjutnya ikuti prosedur pendaftaran dan tunggu antrian kamu dipanggil. Pada saat kamu mendapatkan formulir pendaftarn bpjs, isilah dengan benar sesuai data-data kamu.Jika formulir pendaftaran bpjs telah selesai di isi,sebaiknya cek kembali semua data-data tersebut dan pastikan tidak ada yang salah. Kesalahan pengisian data pendaftaran bpjs oleh peserta dapat mengakibatkan terjadinya masalah dikemudian hari seperti jenis kelas ataupun jumlah iuran. Oleh karena itu pastikan jangan sampai ada data yang salah.

Baca Juga: Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Melalui Internet Banking


Kamu akan mendapatkan Nomor Virtual Account setelah data diproses, fungsi dari Nomor virtual account bpjs adalah untuk data pembayaran. Jadi pada saat kamu ingin membayar iuran bpjs nanti akan diperlukan nomor virtual account untuk menemukan data peserta. Lakukan pembayaran dan tunggu hingga kartu peserta bpjs kesehatan kamu selesai dicetak. 

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online 

Cara mendaftar bpjs kesehatan secara online mungkin pilihan yang tepat untuk kamu yang sibuk dan jarang ada waktu kosong untuk pergi kekantor bpjs untuk registrasi akun/peserta bpjs kesehatan. Meskipun pendaftaran bpjs secara online yang menjadi pilihanmu. Syarat dan ketentuan harus tetap kamu persiapkan dan ikuti.

Sediakan Dokumen seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk, KK(Kartu Keluarga), NPWP, Alamat Email dan Nomor HP yang masih aktif. Kemudian buka website bpjs untuk mendapatkan panduan lengkap tentang cara pendaftaran secara onine disini.Silahkan kamu pilih jenis formulir pendaftaran isian peserta seperti:

  • Formulir pendaftaran Badan Usaha dan pendaftaran kolektif peserta pekerja Penerima Upah
  • Formulir daftar isian Penambahan Anggota Keluarga Peserta Pekerja Penerima Upah
  • Formulir daftar isian perubahan data peserta penerima upah
  • Formulir daftar isian perubahan data peserta bukan penerima upah dan peserta bukan pekerja
Silahkan isi data dengan benar,pilih jenis kelas bpjs yang ingin kamu aktifkan, isi alamat lengkap dan pilih layanan fasilitas yang ditawarkan dan lainya. Setelah semua data diisi dengan benar, lalu simpan data. Lalu tunggu Nomor Registrasi melalui email, setelah kamu mendapatkan notifikasi nomor registrasi, lalu cetak lembar virtual account tersebut.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran sesuai jenis kelas Bpjs yang dipilih dan bank yang ditunjuk untuk pembayaran iuran bpjs kesehatan seperti BRI, BNI, BCA dan MANDIRI. Apabila pembayaran iuran bpjs kesehatan telah selesai, kamu akan mendapatkan notifikasi dari bpjs melalui alamat email yang kamu daftarkan tadi, dalam email ada E-ID Card BPJS yang bisa kamu cetak sendiri sebagai bukti kamu telah mendapatkan kartu bpjs. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi mobile JKN untuk mendaftar bpjs kesehatan. Pilihlah cara daftar menjadi peserta bpjs kesehatan yang kamu rasa mudah.

Bagaimana Cara Mengetahui Nomor Virtual Account BPJS Kesehatan Yang Lupa

Pembayaran bpjs kesehatan secara online maupun offline diperlukan nomor virtual bpjs. Lalu bagaimana cara pembayaran iuran bpjs jika nomor virtual account lupa, atau mungkin kartu bpjs tidak dibawa.

Untuk mengetahui nomor VA Bpjs kesehatan yang lupa bisa diatasi dengan cara mengabungkan kode bank rekening BPJS dengan 10 Digit terakhir pada Nomor Kartu sebagai contoh Nomor Kartu 0001333333333. Maka untuk mengetahui nomor Virtual Account bpjs kamu adalah sebagai berikut

  • BNI: 88888-0-1333333333
  • BR :88888-0-1333333333
  • MANDIRI:88888-0-1333333333

Nomor Virtual account Bpjs kesehatan terdiri atas kombinasi kode lima angka(5angka)sesuai dengan bank yang kamu gunakan. Kode untuk Bank BNI,BRI dan BTN adalah 88888-0.Sedangkan kode untuk Bank Mandiri adalah 89888-0, kemudian ditambah 10 digit angka dari belakang kartu Bpjs kesehatanmu. Nah cara mengetahui nomor virtual account bpjs kesehatan yang lupa dengan menghilangkan 2 (dua )angka dari depan yaitu 00. Kemudian sisa kode digabungkan dengan kode sesuai Itulah yang bisa admin bagikan dalam artikel singkat ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengetahui Nomor (VA) Virtual Account BPJS Kesehatan Yang Lupa"

Post a Comment